Monday 22 July 2013

SAMARINDA

*Percakapan dengan teman facebook yang ada di jawa...
           Teman : Van, kamu tinggal dimana?....
           Aku     : Di Samarinda B-)
          Teman : dimana itu ?
           Aku    : ...................................

@RR_van - Assalamu'alaikum wr wb. Seperti percakapan diatas, beberapa waktu lalu ada teman facebook yang nanya dimana saya tinggal. Dan pas ngasih tau saya tinggal di 'Samarinda', dia malah balas nanya di mana itu! Jleb! Samarinda? gak terkenal amet kah kota ini? -_- 

Hahaha whatever lah, malah bagus dia gak tau Samarinda. Gak tau Samarinda ni suka macet, suka banjiran, suka debuan, suka banyak amornya, suka mati listrik, suka panas kotanya tapi tiba-tiba hujan badai trus panas lagi. Ya gitulah pokoknya -_-"

Tapi balik lagi ke judul postingan. Kenapa gak saya deskripsikan saja segala tentang Samarinda ini? Sok tau banyak ni wkwkwkkwk Padahal hasil googling xD . Oke berdasarkan informasi yang ada di halaman website Wiki Buku dan fakta dilapangan, Samarinda dan hal menarik yang ada di sana akan saya uraikan pada tulisan berikut secara singkat ...


Samarinda (Sama rendah/daratan dan sungai sama-sama rendah)

Samarinda yang berletak diantara kota Tenggarong, Balikpapan dan Bontang ini adalah Ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Nah, Samarinda sendiri itu langsung berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara dan Samarinda bisa di capai dengan perjalan darat, laut dan udara. Selain itu, sungai Mahakam yang menjadi akses transportasi di air juga membelah kota ini menjadi 2 bagian, Samarinda kota dan Samarinda Seberang. Kebetulan saya tinggal di Samarinda seberang. 


Tempat Wisata atau Objek Wisata

1. Sepanjang Tepian Mahakam
           Sepanjang Tepian Mahakam ini ada taman-taman yang dimulai dari Jl. Gajah Mada sampai Jl. Slamet Riyadi. Taman ini dibuat pada periode 1990-an sebagai pengindah kota. Selain taman untuk masyarakat bersantai ria, Tepian Mahakam juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga seperti lapangan voli, lapangan basket, dan lapangan sepak bola. Pada malam hari, Tepian Mahakam menjadi arena bermain anak-anak dan pujasera yang menjual berbagai macam makanan.



2. Kebun Raya Samarinda
           Terletak di sebelah Utara kota Samarinda yang berjarak 20 km atau 30 menit perjalan darat. Di Kebun Raya Samarinda terdapat atraksi Danau alam, kebun binatang, panggung hiburan.



3. Kerajinan Tenun Ikat Sarung Samarinda
          Terletak di Jalan Pangeran Bendahara Samarinda Seberang. Obyek wisata ini merupakan proses pembuatan sarung tradisional Samarinda, yang berjarak 8 km dari pusat kota Samarinda. Obyek tersebut telah dilengakapi sarana dan prasarana wisata. Kerajian tenun sarung ini pada mulanya dibawa oleh pendatang suku Bugis dari Sulawesi yang berdiam di sisi kiri Mahakam (sekarang menjadi Samarinda Seberang). Hampir disetiap perkampungan suku Bugis (kelurahan masjid Baka) dapat ditemukan pengrajin sarung Samarinda. Alat tenun yang digunakan para pengrajin adalah alat tradisional disebut "Gedokan" atau menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Produk yang dihasilkan untuk 1 (satu) buah sarung memakan waktu tiga minggu.



4. Air Terjun Tanah Merah
           Terletak sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda tepatnya di dusun Purwosari kecamatan Samarinda Utara. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi wisata keluarga karena dilengkapi pendopo istirahat, tempat berteduh dengan pohon peneduh di sekitar lokasi, warung, areal parkir kendaraan yang luas, pentas terbuka dan tempat pemandian. untuk mencapai obyek wisata tersebut, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat serta angkutan umum trayek Pasar Segiri - Sungai Siring. Untuk saat ini tempat wisata ini kurang mendapat perhatian akibatnya mutu pelayanan jadi berkurang sehingga perlu adanya perhatian dari pemerintah daerah untuk mengembangkan tempat ini.



5. Desa Budaya Pampang
         Kawasan Pampang yang terletak sekitar 20 km dari kota Samarinda merupakan kawasan wisata budaya yang menarik untuk menyaksikan kehidupan suku Dayak Kenyah. Obyek wisata budaya ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor melalui jalan raya Samarinda-Bontang. Daya tarik yang dapat disaksikan adalah Lamin atau rumah adat suku Dayak serta tarian dan upacara adat Dayak Kenyah yang diselenggarakan setiap hari Minggu pukul 14.00 wita.
          Dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya seperti Makam La Mohang Daeng Mangkona (pendiri kota Samarinda), Mesjid Shiratal Mustaqiem (mesjid tertua di Samarinda yang dibangun pada tahun 1881), Telaga Batu Permai Besaung, Penangkaran Buaya, Islamic Centre, Dll.



Pusat Perbelanjaan 

Pasar Tradisional :
  1. Pasar Pagi, merupakan pasar tertua dan terbesar di Kota Samarinda. Pasar ini awalnya dibangun di pinggir sungai Mahakam. Namun, seiring perkembangan kota, maka pasar dipindahkan agak menjauh dari tepi sungai karena tepi sungai dibuat jalan.
  2. Pasar Segiri, merupakan pasar terbesar kedua di kota Samarinda.
  3. Pasar Rahmat, terletak di Jl.Lambung Mangkurat Pelita
  4. Pasar Kedondong, terletak di Jl.Ulin Karang Asam Ilir
  5. Pasar Kemuning, terletak di Loa Bakung
  6. Pasar Harapan Baru, terletak di Jl.Kurnia Makmur Harapan Baru. Pasar ini pernah terbakar hebat pada tahun 2003 sehingga seluruh pasar dan sebagian rumah warga hangus. Pasar ini kembali dibangun beberapa bulan kemudian dan Jl.Kurnia Makmur dibuat menjadi dua jalur untuk mencegah kebakaran lagi yang meluas karena sebelumnya Jl.Kurnia Makmur terbilang sempit sehingga api yang berada di pasar sebelah kiri pasar dapat menyambar ke bagian pasar sebelah kanan.
Mall atau Plaza :
  1. Mal Mesra Indah, yang merupakan mal pertama di kota Samarinda.
  2. Mal Lembuswana, mal ini terletak di pusat kota Samarinda. Mal ini merupakan mal terluas di Samarinda yang ditandai dengan adanya parkir yang cukup memadai.
  3. Samarinda Central Plaza, merupakan mal ketiga yang dibangun di kota Samarinda sekitar tahun 1998. Mal ini terletak di Jl.Pulau Irian.
  4. Plaza Mulia, merupakan mal keempat yang dibangun dan terbilang masih baru. Mal ini dibuka pada pertengahan bulan September 2009. Mal ini berlokasi di Jl.Bhayangkara.
  5. Samarinda Square (Robinson), merupakan mal kelima yang dibangun di samarinda dan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2011. Mal ini terletak di Jalan M.Yamin.
Dan masih banyak lagi mall/plaza yang akan di bangun di Samrinda. Seperti Super Mall di Loa Bakung sampai Trans Studio akan dibangun juga. Gilak makin sumpek Samarinda !!!!!!!

Ya itulah pokoknya sedikit apa yang menarik tentang Samarinda dan semoga yang baca ini (kalo orang luar Samarinda) gak pindah ke Samarinda, makin sumpek beroh!! pagi, siang, sore selaluuuu macet -____-"

Oke cukup sekian ya postingan kali ini, semoga bermanfaat.. Wassalam...


2 comments :

Speak UP your MIND BUT NO S.A.R.A NO SPAM