Wednesday 12 June 2013

Cepat Daftarkan Hak Cipta Postingan Kita

Cepat Daftarkan Hak Cipta Postingan Kita - Assalamu'alaikum? Oke pada postingan kali ini saya akan bahas bagaimana caranya mendaftarkan hak cipta postingan hasil karya kita. Gimana gak kesal kalo kita sendiri yang bikin artikel lalu di copas orang lain dan ternyata google dan lainnya mencap malah kita yang copas artikel orang yang ngambil artikel kita? 


Pada artikel kali ini saya akan menuntun kalian-kalian yang belum tau nih caranya mendaftarkan karya kalian disalah satu situs daftar hak cipta, yaitu DMCA Protection. Digital Millenium Copyright Act atau yang disingkat DMCA yang mempunyai arti perlindungan hak cipta sebuah blog atau website. Pokoknya ini fungsinya ya untuk melindungi konten dari blog atau website kita dari copy paste orang lain secara sembarangan. 


Ada program lain yang bernama Myfreecopyright Protection yang pada dasarnya sama saja dengan DMCA Protection, yaitu memberikan layanan karya atau perlindungan hak cipta dengan menyertakan bukti berupa sidik jari dan tanda tangan elektronik yang nanti dijadikan bukti kuat pemilik karya pertama.

Langsung saja ya kita daftarkan hak cipta blog atau website kita.

  1. Siapkan email. sudah punya email kan?
  2. Masuk kehalaman signup DMCA DISINI.
  3. Isi semua form pendaftaran (First name, last name, company name, email). Lalu submit.
  4. Buka email kita, lalu buka email dari DMCA. Nah disana dikirimin tuh username sama kata sandinya. Klik aja link yang dikasih.(http://www.DMCA.com/user/login)
  5. Klik client login, lalu masukkan email dan kata sandi yang tadi ada di email.
  6. Klik Add Badges to Your Site. Terus copy scriptnya ke blog (bikin widget)
  7. Selesai. Tinggal klik badge yang telah terpasang di blog tadi. terus nanti diarahkan ke halaman berbentuk sertifikat. Lihat hasilnya. Kalo sudah selesai proses scannya nanti ada pernyataan "Protection Status: Active". Itu tandanya blog udah dilindungin sama DMCA.
Nah selesai kan? mudah banget ye daftarin hak cipta blog kita?.. 

Oke cukup sekian Artikel kali ini, Semoga bermanfaat. amin..
Wassalamua'alaikum wr. wb.

0 komentar :

Post a Comment

Speak UP your MIND BUT NO S.A.R.A NO SPAM