Thursday 16 May 2013

Cara Membuat Blog di Blogger

Cara membuat blog? emang apa sih blog itu? trus apa bagusnya coba? Jadi kali ini saya akan posting apa itu blog dan bagaimana cara membuat sebuah blog. hatur simak yaa :D

Jadi Blog itu sebenarnya singkatan dari Web Blog yaitu sebuah aplikasi web yang didalamnya berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Nah, tulisan-tulisan itu kadang kita lihat secara horizontal atau vertikal dari postingan terbaru dan diikuti postingan yang lama.

Jangan heran kalo nemu blog yang isinya curhat-curhat tentang kehidupan sehari-hari seseorang atau mirip-mirip diary gitu, soalnya pada awal mula di buatnya blog ini memang diperuntukan untuk cacatan pribadi. Namun zaman sekarang bukan hanya jadi tempat curhat lagi tu blog tapi udah jadi tempat edukasi dimana banyak sekali tutorial-tutorial yang dishare sampai dijadikan ladang bisnis bagi beberapa orang, dan masih banyak lagi.

Nah blog ini juga gak seperti website pada umumnya, karena bahasa pemogramannya menggunakan XML tapi juga bisa di bantu dengan CSS. Beda kan ya dengan banyak website yang menggunakan HTML, PHP, CSS dan lain sebagainya.

Dan ingat! Blog ini gratis gak pake bayar gak susah-susah cari hosting domain segala. gak perlu bayar udah dapat web. Dan alamt situs blog sendiri adalah blogger.com tapi jika kita membuat sebuah blog kita mendapatkan sub domainnya yaitu blogspot. contohnya aja kayak larevan.blogspot.com.

Satu lagi.
Kenapa saya memilih blog dari blogger?
Jawabannya ya jelas blogger kelebihannya sangat mudah dioperasikan bagi saya yang pemula ini, mengganti dan mengedit template juga mudah, bisa custom domain, terus blogger juga selalu melakukan update untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja blogger.

Okeh kita langsung saja ke intinya yaitu Cara Membuat Blog

yang pertama,
Membuat E-Mail
Karena blogger ini satu layanan dengan Google maka kita harus memiliki akun gmail dulu. Nah, setelah itu langsung aja ke....

  1. Kunjungi situs http://www.blogger.com/
  2. Pilih bahasa. Pilih bahasa Indonesia aja ya, jangan sok :D
  3. Terus login akun google, masukin tu username sama sandinya. login gmail
  4. Terus muncul laman Formulir, isi semua.
    1. Nama tampilan : isi dengan nama yang ingin tampil pada profile blog anda.
    2. Jenis Kelamin : pilih sesuai dengan jenis kelamin anda, misal : pria.
    3. Penerimaan Persyaratan : Beri tada ceklis sebagai tanda anda setuju dengan peraturan yangtelah di tetapkan oleh pihak blogger. Saran: sebaiknya anda membaca terlebih dahulu persyaratan yang ada agar anda tahu dan mengerti apa yang boleh dan tidak diperbolehkan ketika menggunakan layanan blogger.
    4. Klik tanda panah bertuliskan “Lanjutkan”. 
  5. Klik tombol "Blog Baru" untuk menciptakan blog baru. buat blog baru
  6. Entar disuruh isi formulir, diisi semua ya :
    1. Judul : Isi dengan judul blog yang di inginkan, misal : Coretan sang penghayal
    2. Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan. Ingat! Alamat ini tidak dapat di edit kembali setelah dibuat, apabila anda ingin serius, maka pilihlah nama yang benar-benar anda inginkan.
    3. Template : pilih template (tampilan blog) yang disukai (ini dapat ganti kembali).
    4. Lanjutkan dengan klik tombol “Buat blog!”. buat blog 
    5. Tanpa disadari Kamu udah bisa bikin blog loh. Tapi jangan senang dulu. Ada baiknya kalo kamu mulai mengeposkan sebuah postingan atau artikel supaya gak di anggap spam oleh spam filternya blogger.
      1. Klik tulisan “Mulai mengeposkan”.mulai posting
      2. Isi judul serta artikel. Akhiri dengan klik tombol “Publikasikan”.publikasikan
      3. Selesai. Trus Klik lihat blog. Nah ada kan postingannya :D

Kalo sudah punya blog umumin deh keteman-temannya supaya mereka datengin jadi kan lumayan tuh ada yang liat daripada kagak. eh ckckckkc

Cukup sekian ya Gan, sehabis ini saya sambung lagi postingan mengenai " Memulai Sebuah Blog "
Salam Super, Salam Blogger, Salam Super Blogger~ :D

0 komentar :

Post a Comment

Speak UP your MIND BUT NO S.A.R.A NO SPAM