Thursday 16 May 2013

Teknik Informatika Adalah....



Nah, kali saya dapat tugas presentasi bahasa inggris mengenai "Teknik Informatika". Ya bingung juga sih mau jawab apa, masa ngasal. Langsung aja beniat googling di yahoo buat nyari file presentasi teknik informatika dalam bahasa inggris dengan bentuk .ppt (powerpoint). Tapi kenyataannya pahit. Gak ada BRO!  Tapi gak pantang menyerah dan kembali nyari artikel .ppt presentasi teknik informatika (bahasa indonesia aja). Tapi lagi-lagi gak ada. Miris abis -___-"


Okelah kali itu udah nyerah dan mending nyari artikel terkait apa itu teknik informatika. Udah nemu sih tapi ini kan bahasa Indonesia, terus ngebahasa Inggriskannya ?? Kamu benar kalo mikir gunain GOOGLE TRANSLATE wkwkwk Alhasil copas dan paste disana dan lihat hasilnya pada amburadul. Grammarnya hancur banget. Ini asli sok ngerti grammar wkwkwkwk, gak papa bro yang penting lu ngerjain dan entar presentasi jugak yang tau apa yang lu omongin elu sama tuhan yang tau akakak...

Ok Balik to the topic. Langsung aja ya artikel tersebut akan saya jabaekan di bawah ini tentang apa itu teknik informatika dan antek-anteknya (biar horror)...

Teknik Informatika
Teknik Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.

Apa Yang Dipelajari di Teknik Informatika ?
Dasar ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika, mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi dalam teknik informatika dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :
1.   Sistem Informasi
2.   Rekayasa Perangkat Lunak
3.   Pemrograman dan Komputasi
4.   Arsitektur dan Jaringan Komputer

Prospek Lulusan Teknik Informatika
Bidang aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut, terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi, dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain (perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll).

Nah, saya sendiri ngambil jurusan teknik infomatika di perguruan tinggi swasta STMIK Widya Cipta Dharma dan itu adalah sebuah manuver besar dalam hidup saya (untuk saat ini) mengingat saya adalah lulusan SMKN 7 Samarinda di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang notabene ngurusin rakit-servis komputer dan jaringan, lah kok malah ngambil jurusan Teknik Informatika yang ngurusin program, analisis program dan semcem-macemnya gitu. -___-"

Tapi gak papa, saya adalah salah satu orang yang menyukai a challange (sumpah ini artinya sebuah tantangan kalo gak salah). Jadi ini saya anggep sebuah tantangan baru yang harus akan saya selesaikan, walaupun harus menempuh tantangan ini selama 7-8 semester lamanya.

Lah kok jadi curhat ya postingan ini -_- gak papa dong ya, blog juga blog saya wkwkwk :P

Okedeh cukup sekian postingan kali ini ya, lumayan juga ngetikkanya. Nanti kita berjumpa lagi di lain postingan. Jangan lupa tinggalin komen lumayan loh ini blog do follow. Okeh? :D

Salam Super, Salam Blogger, Salam Super Blogger~ :D

1 comment :

Speak UP your MIND BUT NO S.A.R.A NO SPAM