Saturday 18 May 2013

Cara Menaikkan Traffic ala Larevan


Sebenernya udah banyak banget ya artikel-artikel diluar sana yang membahas mengenai hal ini, namun yang membedakan adalah cara masing-masing seseorang dalam menjalankannya. Larevan sendiri dulu adalah sebuah blog yang sering membahas tentang cara membuat blog menjadi menarik (namun terpaksanya saya menghapus semua postingan karena dianggap melanggar hak cipta yang padahal saya overwrite tu semua artikel). 

Nah pada awal-awal saya rajin posting di Larevan, tiap harinya yang berkunjung ke blog saya ini hanya berkisar 30-70 pengunjung per hari. Tapi seiringnya waktu berjalan dan ketika saya mempelajari berbagai macam hal mengenai cara meningkatkan traffic pengunjung blog, saya menemukan beberapa kesalahan saya. Sebenernya bukan kesalahan sih, tapi beberapa hal yang tidak saya lakukan pada blog saya ini. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menshare beberapa tips yang sudah saya lakukan sendiri agar traffic blog Larevan meningkat drastis. WOW

Berikut adalah cara saya untuk meningkatkan traffic blog :


Konten
Konten ini menyangkut isi blog kita. Apakah postingan, menu, widget, dsbg milik kita sudah berkualitas? maksudnya konten kita ini memiliki kekuatan dari segi penulisan (bila itu postingan). Coba dipikir saja apabila kita memiliki postingannya yang berarti, dalam artian memberikan manfaat dan tidak membingungkan pengunjung, pasti pengunjung akan suka dan coba-coba menengok postingan lain di blog kita. Dan juga, pastikan bahwa konten yang kita miliki ini menarik, unik, asli buatan kita, dan up to date alias terbaru. Karena dengan kriteria barusan, pastilah kita mempunyai kesempatan besar mempertahankan pengunjung untuk kembali ke blog kita. Bener kan ?


Trending Tropic
Atau topik-topik yang sedang hangat dibicarakan. Ada pentingnya juga mengevaluasi blog sendiri untuk meligat postingan atau artikkel manakah yang sering di buka atau dikunjungi. Nah, dengan itu ada baiknya bukan kalo kita memperbaharui dan mengembangkan postingan tersebut? Dengan begitu akan nambah lagi kepercayaan pengunjung pada blog kita karena selain isi kontenya bagus trus up to date lagi.


Blogwalking
Ini yang sering saya lakukan nih, jadi jangan heran nemuin saya di kotak komentar orang lain ehehe. Jadi blogwalking sendiri ini besar kemungkinan bisa memberikan efek yang besar pada traffic kunjungan ke blog kita. Caranya ya dengan berkomentar di blog-blog. Tapi inget, bukan cuman blog do follow aja yang bisa di komen agar bisa dapat backlink, tapi komentar-komentar interaktif, bagus, sesuai dan berkualitas juga bisa memberikan backlink berkualitas ke blog kita. Jangan asal-asal komen di blog orang, entar di anggap spam loh. Hati-hati.


Maksimalkan Peran Social Media
Kita kan punya facebook, twitter, google plus, dan social media lainnya. Nah, manfaatin tuh social media yang kita miliki, setiap postingan boleh dong kita share ke socmed kita dan berharap teman yang terhubung dengan kita dan melihat lalu tertarik hingga membuka link kita yang kita share tadi. Kita juga bisa memperkuat blog kita dengan membuat Fanspage Facebook, Twitter, G+ khusus untuk blog kita, agar aktiflah komunikasi langsung pada blog kita.


Ringannya Akses ke Blog Kita
Kebetulan sekali ya saya ni tinggal di Indonesia dan sangat kebetulan sekali kalo di Indonesia ini layanan paket data antar provider itu sangat lelet sekali. Maka dari itulah menjadi pertimbangan juga memilih template atau mengatur template blog kita ini dengan terlalu banyak hiasan (baca: widget, gambar, video, music, dsbg). Masa iya kesan pertama pengunjung adalah lambatnya memuat laman blog kita? Maka dari itu juga ada baiknya kita memilih template yang sekiranya ringan dan SEO friendly, agar pengunjung juga merasakan kenyamanan dalam mengakses blog kita. Karena bagi saya gak penting tuh tampilan blog yang wow banget tapi yang penting adalah isi dari postingan itu nyampai atau tidak.


SEO
Search Engine Optimazation adalah mudahnya pengunjung menemukan kita dengan kata kunci dari postingan/artikel kita di search engine. Seperti yang kita tahu, search engine khusunya google adalah sumber pemasok terbesar traffic ke sebuah website. Jadi gak heran kalo banyak sekali orang-orang yang meningkatkan ke-SEO-an blognya agar meraup banyak pengunjung.


Ya cukup sekian ya postingan "Cara Menaikkan Traffic ala Larevan" kali ini, semoga membantu kalian-kalian semuanya.
Salam Super Blogger~ :)

1 comment :

  1. makasih banyak sarannya...
    ni mo nyoba dulu satu per satu... :)
    keep posting ya...

    ReplyDelete

Speak UP your MIND BUT NO S.A.R.A NO SPAM